Tanam 3.000 Pohon Di Lokasi Rawan Longsor

0
164

Polres Jombang: Kepolisian Resort (Polres) Jombang, melakukan giat penanaman seribu pohon di wilayah krisis longsor yang berada di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Seperti kita ketahui, bahwa di wilayah Kecamatan tersebut pernah terjadi bencana longsor yang cukup dahsyat hingga menelan korban jiwa yang mencapai belasan orang pada 2014 lalu.

Kapolres Jombang, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan mengatakan, pihaknya menanam sebanyak 3.000 pohon dari berbagai jenis di lereng-lereng bukit yang dirasa rawan akan terjadinya longsor, diantaranya mahoni, trembesi dan lain-lain. Nantinya bisa untuk mencegah adanya bencana.

“Hari ini kita menanam 3.000 pohon yang tujuannya untuk mengantisipasi serta diharapkan bisa mencegah adanya bencana longsor,” ucapnya usai gelar apel penanaman pohon di Lapangan Tembak Brimob, Kecamatan Bareng, Jum’at 10/01/20.

Menurut Boby, penanaman di sekitar lereng-lereng yang memiliki kemiringan lebih sangat diperlukan, sebab terlihat dari segi penahannya masih kurang.

“Terlihat pohon-pohon yang tumbuh disekitar lereng tak terlalu besar, dikawatirkan jika nanti terjadi hujan besar yang volumenya cukup deras akan terjadi longsor,” terangnya.

Selain pohon untuk penahan longsor, Polres Jombang juga menanam berbagai pohon yang bermanfaat bagi lingkungan serta masyarakat sekitar, misalnya pohon yang berbuah dan yang mengandung oksigen. Giat penanaman pohon tersebut juga di ikuti oleh ibu-ibu Bhayangkari dan beberapa perwakilan dari masyarakat serta adik-adik pramuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.