Satlantas Polres Jombang Himbau Kereta Kelinci Tak Beroperasi Di Jalan Raya

0
110

Polres Jombang: Untuk mengantisipasi adanya kecelakaan di jalan raya yang ditimbulkan oleh kereta kelinci, Kasat Lantas Polres Jombang, AKP A Risky Ferdian Caropeboka menghimbau agar pemilik kereta kelinci tak beroperasi.

Himbauan terkait tak diperbolehkan kereta kelinci untuk beroprasi di jalan raya tersebut sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 pasal 285 (2), serta melanggar pasal 227.

“Kereta kelinci ini bukan merupakan kendaran umum. Apalagi jika digunakan untuk mengangkut orang, maka sangat tidak dibenarkan. Kami akan berikan imbauan pada pemilik kereta kelinci serta bengkel yang membuat agar tidak lagi mengoperasikannya dan merakit kereta lagi,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, mantan Kasat Lantas Polres Kediri berencana mengumpulkan seluruh pemilik dan bengkel perakit kereta kelinci yang ada di Kabupaten Jombang, untuk diberikan pemahaman serta sosialisasi.

“Nanti kita kumpulkan dan beri pemahaman, kenapa kereta kelinci dilarang beroprasi di jalan raya. Intinya kita lakukan sharing dulu,” tuturnya.

Usai diberi himbauan dan sosialisasi, jika nantinya nemukan kereta kelinci tetap beroperasi di jalan raya, maka petugas tak segan-segan akan melakukan penindakan.

Seperti yang tertuang dalam pasal 285 (2) dikenakan pidana kurungan maksimal 2 bulan penjara atau denda Rp. 500.000. serta melanggar pasal 277, dikenakan pidana kurungan maksimal 1 tahun atau denda maksimal Rp. 24.000.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.