Ratusan Personil Polres Jombang, Digeser ke TPS Pilkades Serentak

0
71
Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan memimpin Apel Pimpinan Pasukan di Lapoangan Mapolres Jombang

Tribratanewsjombang.com, Polres Jombang gelar Apel Pergeseran Pasukan pengamanan Operasi Mantap Praja Arimbi bertempat di Lapangan Mapolres Jombang. Apel dipimpin Kapolres Jombang AKBP Boby Pa’ludin Tambunan yang dihadiri Pejabat Utama dan Anggota Polres maupun Polsek jajaran. Sabtu (2/11/2019)

Sebanyak 424 Personil Polres Jombang yang terlibat pengamanan Pilkades serentak, digeser ke Desa sesuai ploting yang telah ditentukan.

Sebanyak 424 personil yang terlibat dalam pengamanan TPS Pemilihan Kepala Desa serentak Kabupaten Jombang tahun 2019, setelah apel langsung digeser ke desa sesuai dengan ploting yang telah ditentukan. Adapun pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak akan berlangsung pada hari Senin tanggal 4 November 2019 mendatang.

Untuk diketahui, Ada 287 Desa dari 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Adapun pola pengamanan disesuaikan dengan beberapa Kategori yakni, kurang rawan dijaga 4 personil, Rawan dijaga 6 personil, Sangat rawan dijaga 10 personil dan akan ditempatkan 1 peleton Personil Brimob Polda Jatim.

Dalam sambutannya Kapolres Jombang mengatakan, setelah pelaksanaan apel untuk anggota yang terlibat pengamanan agar langsung menuju ke desanya masing-masing. Kenali lingkungan, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta lakukan kordinasi dengan Panitia Pilkades setempat.

Masih kata Kapolres, Anggota Polri harus bisa memberikan pengamanan kepada warga yang akan memberikan hak pilihnya, dan kehadiran personil dilapangan harus bisa memberikann kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat. Selain itu, agar personil di lapangan juga menjaga logistik pilkades, mulai dari surat suara, kotak suara hingga proses pendistribusian sampai selesainya pemungutan suara.

Amankan logistik pilkades, cek and ricek mulai dari Segel dan Kunci, serta dokumentasikan sebagai wujud pertanggung jawaban pelaksanaan tugas. Sedangkan cara bertindak dilapangan, ada tiga hal yang diperhatikan, yakni Antisipasi, Proaktif dan Responsif.

“Kedepankan komunikasi dengan panitia, jangan gegabah dalam pengambilan keputusan, komunikasi dengan Kapolsek,”pungkas mantan Kapolres Bangkalan ini. (kar/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.