Tribratanewsjombang.com, Menjelang arus mudik lebaran,  sejumlah langkah persiapan sudah dilakukan jajaran polres Jombang. (5/6/2017) Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto menyampaikan paparannya dalam forum rapat koordinasi kesiapan Ops ramadniya Semeru 2017 bertempat di Gedung graha bakti Bhayangkara Mapolres Jombang.

Rapat kordinasi dipimpin Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol  Drs. Unggung Cahyono, Msi juga dihadiri Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. Umar Sapteno, Karobinops SOPS Polri Brigjen Pol Imam Sugiyanto, Pejabat Polda Jatim, Lima Kapolres Tetangga (Kapolres Nganjuk, Kapolres Kediri, Kapolres Mojokerto, Kapolres Madiun, Kapolres Madiun Kota), Forpimda Kab. Jombang , Kepala KAI Jombang, Pimpinan MHI Jombang,  Kepala Jasa Raharja Jombang, Pejabat Utama Polres Jombang serta Kapolsek Jajaran.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto,SIK, MH dalam paparannya mengatakan, “Jalur rawan macet dan rekayasa arus lalu lintas wilayah Kabupaten Jombang, yakni Jalan Raya Bandarkedungmulyo (lokasi rekayasa lalu lintas Jalan Raya Bandar Kedungmulyo sampai dengan Mengkreng), kedua di Jalan raya Mojoagung (lokasi rekayasa lalu lintas jalan Gambiran Mojoagung) Simpang tiga Mojotrisno dan Simpang empat Gambiran”. papar Kapolres.

Masih menurut Kapolres, adapun faktor penyebab kemacetan dari Perak sampai dengan Mengkreng adalah Peningkatan volume arus lalu lintas, Bottle neck di 4 jembatan yakni, Jembatan kayen, Jembatan Bra’an,  Jembatan Bandar dan Jembatan Kertosono.  Selain itu, Dua perlintasan Kereta Api yang bedekatan,  Jalan aspal yang bergelombang, Peningkatan frekuensi KA yang melintas (Bandar dari 44 kali menjadi 50 kali/hari), (Mengkreng dari 26 kali menjadi 32 kali/hari), adanya Penjual Oleh-oleh, serta tempat menaikkan dan menurunkan penumpang bus.

Selanjutnya upaya yang akan dilaksanakan diantaranya dengan membentuk Team  Penguurai kemacetan lalin dengan nama “ JOKER” sebanyak 50 personil Sat Lantas yang dibagi menjadi  10 regu, masing-masing  berisi 5 anggota.  Tim JOKER bertugas mengantisipasi kemacetan arus lalin dengan melakukan Rekayasa lalu lintas di wilayah Polres Jombang.

Asiten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono, M.Si dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Jatim,  Kapolres  Jombang, Kapolres Kediri, Kapolres Nganjuk yang dapat hadir dalam acara Rakor di Polres Jombang pada saat ini .

Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono, M.Si mengatakan,” Operasi Ramadniya adalah operasi kemanusiaan yang dimulai tanggal 19 Juni 2017 s/d  tanggal 4 Juli 2017 (16 hari). Dalam Operasi Ramadniya kita harapkan tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk jalur kontra flow harus diberi wasit, di Polda Jabar diturunkan dari Mabes Polri sebagai wasit adalah Brigjen Istiono dan Kombespol Rusdi Hartono sedangkan untuk jalur kontra flow di jalur Jombang, Nganjuk dan Kediri (Bangjuri) harus diberi wasit dari Polda Jatim.” (kar/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here