Polres Jombang Launching, Inovasi Kreatif

0
27
Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB didampingi Kapolda Jatim dan Forkopimda Jombang menekan tombol tanda diresmikannya Inovasi Kreatif Polres Jombang

Tribratanewsjombang.com, Dalam rangka membangun Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), Polres Jombang melaunching inovasi kreatif dan peresmian Renovasi dan revitalisasi ruang Pelayanan Publik bertempat di halaman Kantor Sat Lantas Polres Jombang. Rabu, 9/1/2019) pagi.

Acara tersebut di hadiri Deputi pelayanan publik Kemenpan RB Dr. Diah Natalisa, MBA, Kapolda Jatim Irjen Pol Lucky Hermawan bersama Pejabat Utama Polda Jatim, Forkopimda Jombang, Pimpinan perguruan tinggi, BEM perguruan tinggi, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Kapolsek jajaran Polres Jombang.

Kapolda Jatim didampingi Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB melaksanakan Konferensi Pers dengan Wartawan media cetak dan elektronik.
Dalam sambutannya Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto memaparkan bahwa Acara yang dilaunching hari ini yakni, Inovasi layanan publik Polres Jombang yaitu LAPO (Laporan polisi Online) dan layanan perpanjang SIM Drive Thrue.

Layanan LAPO memiliki cita cita bahwa masyarakat dalam melapor tidak harus datang ke kantor polisi, cukup download aplikasi kemudian melaporkan kejadian atau pengaduan melalui Online. Cara ini bertujuan untuk memutus mata rantai terjadinya pungli maupun korupsi.

Sedangkan inovasi Pelayanan perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi) Drive thrue adalah layanan kepada masyarakat tanpa turun dari kendaraan. Hal ini, untuk memenuhi harapan masyarakat sebagai implementasi pelayanan SIM yang humanis dan cepat.

Kapolres Jombang menambahkan, Rehabilitasi dan revitalisasi ruang pelayanan SKCK yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik dengan konsep layaknya sebuah Cafe. Dengan layanan publik tersebut Polres Jombang berupaya lebih dekat dengan masyarakat. Maka dari itu, kami mohon Deputi Kemenpan RB bersama Kapolda Jatim untuk meresmikan inovasi layanan publik di Polres Jombang,” harapnya.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya mengatakan, Terobosan yang luar biasa yang dilakukan oleh Polres Jombang yakni, pelayanan pengurusan perpanjangan SIM drive thrue dengan layanan tanpa turun dari kendaraan. Pelayanan yang cepat murah untuk masyarakat Jombang ini, dalam rangka mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing. Selain itu, Kalpores Jombang juga menggagas ide ngopi bareng antara Forkopimda bersama elemen masyarakat secara bergantian yang dilaksanakan setiap hari Rabu,” urainya.

Deputi pelayanan publik Kemenpan RB, Dr. Diah Natalia, MBA saat sambutan mengatakan, hari ini sudah melihat tayangan dalam rangka upaya upaya peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh polres Jombang yaitu, Launching pelayanan publik LAPO dan pengurusan perpanjangan SIM Drive Thrue.

“Kami sangat mengapresiasi Polres Jombang dalam membangun kabupaten Jombang dalam peningakatan pelayanan publik dan ini merupakan suatu aplikasi yang bisa di integrasikan. Inovasi yang di bangun merupakan salah satu indikator peningkatan pelayanan publik, sesuai visi misi Polri yang terpercaya,” ucapnya.

Upaya membangun kepercayaan publik dalam mengurangi tatap muka antara Polisi dengan masyarakat, Ini hal penting yang bisa mengurangi terjadinya korupsi. selain itu aplikasi LAPO dapat mempercepat tindakan. Guna menyamakan persepsi dalam kepercayaan masyarakat terhadap polisi, mengurangi beban waktu masyarakat dalam laporan ke Kepolisian yakni, dengan cara online akan lebih memudahkan masyarakat.

Adanya kolaborasi dengan berbagai pihak salah satu indikator keberhasilan Polres Jombang dalam membuat terobosan sehingga Polri menjadi garda terdepan kedekatan kepada masyarakat. Apresiasi juga ditujukan kepada Polda Jatim yang berhasil membuat terobosan pelayanan publik sehingga bisa ditularkan di instansi lainnya.

Kapolda Jatim Lucky Hermawan dalam sambutannya mengatakan Gebyar inovasi yang diresmikan tidak akan bisa tercapai jika Kapolres tidak dekat dengan Forkopimda. Ini sistim pelayanan sangat baik sekali, karena program ini yang diperintahkan Kapolri termasuk Presiden. Dalam melayani masyarakat dibuat semudah mungkin, karena salah satu tuntutan masyarakat adalah mendapatkan pelayanan yang cepat dan tidak berbelit,” pungkasnya. (kar/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.