Pengamanan Pembagian Sertifikat Pemohon PTSL

0
16

Polres Jombang – Sertifikat tanah dalam program PTSL desa Sumbermulyo sudah selesai dan akan dibagikan pada hari ini, Hal itu seperti yang dikatakan Kanit Binmas Polsek Jogoroto Polres Jombang saat mengamankan dan memonitor kegiatan pembagian.

Menurut keterangan Kanit Binmas Polsek Jogoroto Polres Jombang dari petugas BPN yang hadir, PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

PTSL yang disebut dengan istilah sekarang sertipikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertipkat dapat menjadikan  sertipikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho melalui Kapolsek Jogoroto AKP Bambang Setiyobudi menyampaikan bahwa, Untuk pembagian sertifikat tanah Desa Sumbermulyo berjalan aman dan lancar, tidak perlu memakan waktu sampai sore para antrian pemohon sudah terlayani semuanya, kata Kapolsek Jogoroto Polres Jombang dari lokasi kegiatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.