Tribratanewsjombang.com, Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-71 tahun 2017, Polres Jombang menggelar Lomba Burung Berkicau bertajuk Kapolres Jombang Cup yang secara resmi dibuka oleh Wakapolres Jombang, Kompol Hendriyana, S.E., M.H. Minggu (28/5/2017) pukul 11.20 Wib, bertempat di Gantangan Kebokicak. BC ( belakang SDN Kwaron 2 Kec Diwek – Jombang).

Dalam sambutannya mewakili Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto yang berhalangan hadir di depan ratusan peserta dan penonton, Wakapolres Jombang mengatakan, Dewasa ini pecinta dan penghobi serta peternak burung berkicau semakin bertambah jumlahnya, hal tersebut disebabkan semakin semaraknya kegiatan lomba.

Burung yang dilombakan ini merupakan akumulasi dan seleksi dari burung yang dilombakan mulai dari latihan bersama (Latber) maupun Latihan Prestasi yang digelar setiap minggu. Persaingan akan semakin ketat mengingat lomba ini dihadiri para pecinta burung (Kicaumania) dari kota-kota di Jawa Timur maupun lintas provinsi.

Masih kata Wakapolres,“Selain bertujuan untuk kompetisi, ajang ini digunakan sebagai sarana mempererat tali silaturahmi para pecinta burung di seluruh Indonesia untuk saling mengenal antara satu dengan yang lainnya. Dan tentunya, para pemenang lomba serta pecinta burung (kicaumania) dapat dikenal oleh komunitas lain di seluruh Indonesia,” katanya.

Lomba burung berkicau yang diselenggarakan Polres Jombang ini, juga sebagai sarana untuk menyampaikan Sosialisasi maupun Himbauan Kamtibmas yang diawali dari komunitas pencinta burung. Melalui event ini, diharapkan Kepolisian bisa lebih dekat dan dicintai masyarakat  dalam melaksanakan tugasnya sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat.

Adapun maksud dan tujuan diadakan lomba kicau burung ini adalah melestarikan dan membudidayakan kekayaan alam, menjaga ekosistem dan kelangsungan flora dan fauna. Juga untuk menumbuhkan sikap disiplin dan semangat sportivitas kepada para penggemar burung Berkicau, Meningkatkan pengetahuan dan pendidikan masyarakat di bidang perburungan dalam arti seluas-luasnya.

Selanjutnya Wakapolres, mengajak para peserta lomba burung yang hadir untuk selalu menjaga Keamanan dan ketertiban masyarakat yang dimulai dari dirinya sendiri. Kamtibmas bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Kepolisian semata namun peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Apabila terjadi gangguan kamtibmas, diharapkan masyarakat dengan segera melaporkan kejadian tersebut ke Kepolisian terdekat (Polsek atau Bhabinkamtibmas desa setempat). “Harapanya lomba kali ini berjalan sportif dan para pemenang nanti mendapatkan apresiasi yang luar biasa,” pungkasnya.

Lomba Burung Berkicau ini dibuka dalam 28 kelas yang dibagi menjadi Kelas Bhayangkara, Kelas Eksekutif, Kelas Bintang, Kelas Favorit dan Kelas Khusus. Adapun jenis burung yang dilombakan yakni, Love Bird, Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer, Cendet, Anis Merah, Pleci, Kolibri Ninja (Konin), Kenari serta Campuran Bebas.

Tata tertib dan peraturan lomba adalah mutlak tanpa teriak, dilarang membunyikan peralatan, bersiulan, betepuk tangan, mengibaskam kojong, memanggil nama juri dan menyebut nomor gantangan. Untuk Kriteria penilaian meliputi Irama Lagu, Volume Suara dan Gaya.

“Lomba burung berkicau ini diselenggarakan oleh Polres Jombang bekerjasama dengan Komunitas burung bertempat di Base camp Kebokicak. BC Jombang. Gelaran dengan tajuk Kapolres Cup – Jombang   dalam rangka HUT Bhayangkara ke -71 ini, diikuti oleh burung-burung papan atas dari dalam dan luar kota dengan peserta tembus 984 burung,”    terang Ketua Penyelenggara Lomba Aiptu Karyanto yang juga sebagai Ketua Kebokicak. BC Jombang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here