Ciptakan Pemilu yang Aman, Ponpes Tebuireng gelar Seminar

0
337
Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Hermanto, Saat memberikan Sambutan dalam acara Seminar di Ponpes Tebuireng Jombang

Tribratanewsjombang.com,  Bertempat di Gedung Yusuf Hasyim Pondok Pesantren Tebuireng Jombang telah berlangsung Seminar Nasional dengan tema “Integrasi Religius Nasionalis Menuju Pemilu Damai”. Kegiatan ini digelar, untuk menciptakan suasana damai menjelang pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden 2019, Rabu (12/12/2018).

Kapolres Jombang bersama undangan mengikuti Seminar yang berlangsung di Aula Yusuf Hasyim Ponpes Tebuireng.

Acara Seminar dihadiri Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng H. Sholahuddin Wahid, Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Toni Hermanto, Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Bambang Isnawan, Danrem 082/CPYJ Kolonel ARM Budi Suwanto, Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto serta Perwakilan santriawan santriawati Ponpes se Kabupaten Jombang.

Dalam sambutannya, Wakapolda Jatim menyampaikan terima kasih serta merasa terhormat mendapat undangan mewakili Bapak Kapolda dalam acara ini. Sekaligus dapat bertatap muka dan bersilaturahmi langsung dengan pengurus serta pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang.

Wakapolda Jatim menerima Cindera mata/Tali asih dari Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang H. Sholahudin Wahid.

Atas terselenggaranya Seminar Nasional ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang positif bagi seluruh komponen bangsa khususnya di wilayah Jawa Timur. Alhamdulillah, sampai saat ini situasi Kamtibmas secara umum masih relatif aman dan kondusif. Kami berharap agar kondusifitas yang berlangsung hingga saat ini dapat kita jaga bersama. Terlebih lagi terkait dengan kesiapan menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019.

Negara Indonesia memiliki persyaratan yang cukup untuk menjadi sebuah bangsa yang besar yakni, Potensi sumber daya manusia dan Alam serta kedaulatan rakyat yang sangat besar. Bangsa kita berdiri dengan beragam Suku, Ras, Agama dan budaya yang menjadi dasar untuk menyatukan dalam bingkai Kebhinekaan sebagaimana terkandung dalam nilai-nilai Pancasila. Namun keutuhan dan persatuan bangsa kita, saat ini sedang diuji dengan berbagai tantangan dengan menghangatnya konstelasi politik sejak berlangsungnya Pilkada serentak beberapa waktu yang silam.

Bangsa yang mengedepankan semangat pluralisme untuk mengikis perbedaan yang berujung kepada konflik. Perlu kita pahami bersama bahwa Pancasila sebagai dasar negara yang serasi antara nasionalisme dan agama tersebut, harus senantiasa digelorakan oleh segenap komponen bangsa. Hal ini, diyakini dapat memperkuat semangat kebangsaan, mempertebal rasa cinta tanah air serta memperkuat tali silaturahmi untuk bersatu dalam mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Para Kyai, Tokoh agama serta Santri memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hadirin sekalian juga tidak akan rela, apabila Indonesia yang kita cintai ini akan terpecah belah dan hancur oleh pihak yang tidak menginginkan Indonesia menjadi Negara yang besar. Oleh karena itu, perlunya seluruh elemen masyarakat dapat bahu-membahu bersama dengan Kepolisian dan TNI dalam rangka mewujudkan Jawa Timur yang Aman, damai dan kondusif. (kar/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.