Bersyukur Pilkada Damai, Polres Jombang Gelar Semaan Al Qur’an

0
22
Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto memberikan sambutan dalam acara Semaan Al Qur'an di Lapangan Mapolres Jombang

Tribratanewsjombang.com, Dalam rangka harkamtibmas pasca Pilkada serentak 2018, Polres Jombang menggelar Semaan Al Qur’an Mantab bertempat di Lapangan Mapolres Jombang, Rabu (01/8/2018) mulai pukul 04.30 – 22.30 Wib . Kegiatan dimulai dengan Sholat subuh berjamaah, kemudian Pembukaan oleh Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto dan dilanjutkan dengan Semaan Al Qur’an.

Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Timur Pradopo (baris depan no. 2 dari kanan) saat menghadiri acara Semaan Al Qur’an di Mapolrers Jombang

Kegiatan tersebut dihadiri, Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Timur Pradopo, Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) DR. Dr. Untung S. Rajab, M.Si, Plt. Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Forkopimda Jombang, Ketua FKUB Jombang KH. Isrofil Amar,  Ketua MUI Jombang KH. Kholil Dahlan, Pimpinan Ponpes se Jombang, Anggota Polri, Bhayangkari serta masyarakat Jombang kurang lebih 1.700 orang.

Kapolres Jombang dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh hadirin yang mengikuti kegiatan ini, khususnya atas kedatangan Mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Timur Pradopo dan Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) DR. Dr. Untung S. Rajab, M.Si. Pilkada Jombang tahun 2018 sudah selesai, namun rangkaian kegiatan belum selesai hingga pelantikan calon terpilih.

Anggota Polres Jombang berbaur dengan masyarakat mengikuti jalannya semaan al Qur’an

Terima kasih kepada Banser, HAS, Senkom dan segenap komponen masyarakat Jombang yang telah membantu pengamanan Pilkada serentak 2018 sehingga pelaksanaannya berjalan aman.

Menurut survei, Indonesia dinobatkan sebagai negara teraman nomor 9 di dunia mengalahkan Jepang dan Singapura, ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan kondisi yang kondusif ini harus kita jaga.

Tahun 2019 masih ada moment kegiatan besar yakni Pileg dan Pilpres, kerawanan yang muncul yakni, berita hoax dan ujaran kebencian yang beredar di masyarakat dan ini dapat mengancam perpecahan bangsa dan negara.

Ribuan masyarakat Jombang antusias menghadiri Semaan Al Qur’an

“Hendaknya kita sebagai umat selalu patuh dan tunduk kepada perintah para ulama dan kyai karena beliau merupakan pewaris ilmu nabi yang menjadi panutan kita,” ajak Kapolres Jombang di akhir sambutannya.

Acara dilanjutkan sambutan Plt. Bupati Jombang Hj. Munjidah Wahab, Atas nama pemerintah kabupaten Jombang saya mengucapkan terimakasih bahwa Pilkada Jombang tahun 2018 berjalan kondusif. Polres Jombang telah mengambil peranan yang luar biasa dalam melaksanakan tugasnya di bidang keamanan dalam mengawal setiap tahapan Pilkada.

Bahwa kemenangan paslon nomor urut 1 Munjidah-Sumrambah merupakan kemenangan masyarakat Jombang untuk itu kami mohon doa restu semoga kita mampu mengemban amanat sebagai pemimpin di Jombang hingga 5 tahun kedepan.

Masyarakat Jombang dengan tertib memasuki Mapolres untuk mengikuti Semaan Al Qur’an

Sambutan Irjen Pol (Purn) DR. Dr. Untung S. Rajab, M.Si, menceritakan awal berdirinya Sema’an Al-Qur’an ini, didirikan pada tahun 1986 oleh Gus Mik dari Kediri dan terus berlangsung hingga sekarang. Kegiatan ini sangat disukai para Malaikat, para Nabi, para ulama dan orang sholeh sebab Al-Qur’an merupakan kitab suci dan pedoman hidup umat Islam.

Pada jaman Rasulullah ketika ada sahabat yang menanyakan tentang akhlak Rasulullah maka dijawab bahwa akhlaknya beliau sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an. Ketika masih aktif dinas di Kepolisian, setiap hari Jum’at rutin mengadakan  makan bersama dengan seluruh anggota. Kegiatan itu, mencontoh ajaran Nabi Ibrahim yang selalu mengajak makan bersama para sahabat atau tetangganya. Yang intinya bahwa dalam kehidupan kita harus saling mengerti dan berbagi dengan orang lain.

Selanjutnya Tausiyah agama oleh Gus Firjaun, Bahwa syukur tidak cukup di dalam hati namun juga harus diucapkan melalui lesan dengan ucapan Alhamdulillah serta diimplementasikan dalam kehidupan dengan membantu kepada sesama.

Sebagai umat manusia yang penuh dengan gelimangan dosa maka kita harus banyak-banyak membaca Istighfar, sebab dosa yang kita miliki dapat menjadi penghalang di dalam mencapai cita-cita kita.

Sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW hendaknya kita rutin membaca Al Qur’an dimanapun dan kapanpun sehingga menjadi penerang hati kita baik di dunia maupun kelak di akhirat. (kar/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here