3 Desa di Kecamatan Diwek, Diterjang Puting Beliung

0
54
Bangunan semi permanen (warung) di Jalan Baypass menuju makam Gus Dur rata dengan tanah

Tribratanewsjombang.com, Angin puting beliung porak porandakan sejumlah bangunan semi permanen di Desa Kwaron, Desa Cukir, Pundong dan Keras Kecamatan Diwek Jombang, Sabtu (24/11/2018). Akibat kejadian tersebut, dua mobil tertimpa pohon dan puluhan rumah rusak.

Pepohonan di sepanjang Desa Kwaron sampai dengan Desa Keras tumbang disapu angin, bahkan ada bangunan semi permanen yang roboh rata dengan tanah. Terdapat dua mobil yang sedang diparkir di pinggir jalan tertimpa pohon.

Setelah hujan reda, warga melakukan gotong-royong membersihkan sisa bencana. “Bangunan semi permanen yang yang digunakan sebagai warung di pinggir jalan baypass menuju makam Gus Dur juga disapu angin puting beliung hingga rata dengan tanah,” kata Nur Wakhid (40), salah satu warga setempat.

Nur Wakhid menjelaskan, puting beliung yang melanda Desa Cukir dan sekitarnya itu berlangsung cukup singkat. Semua berawal ketika hujan deras mengguyur disertai angin berhembus cukup kencang. Warnanya putih bergulung-gulung menyapu bangunan dan pohon yang dilewatinya. Saat itulah terlihat atap rumah warga beterbangan. Pohon-pohon di jalan juga bertumbangan dan angin bergemuruh cukup kencang.

Usai kejadian, Jalan Desa Kwaron menuju Desa Keras untuk sementara ditutup. Sejumlah warga dibantu relawan bencana melakukan pembersihan dengan momotong pohon yang tumbang dan melintang di jalan. Termasuk membersihkan sisa-sisa atap bangunan yang rusak. Petugas dari Polsek Diwek selain membantu pembersihan juga melakukan pendataan rumah warga yang rusak akibat bencana puting beliung.(kar/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here