Tribratanewsjombang, Dalam rangka mengantisipasi melonjaknya harga bahan pokok menjelang lebaran. Tim Satgas Pangan Satreskrim Polres Jombang, melakukan sidak ke Pasar Legi / Pasar Citra Niaga (PCN), pada Rabu siang (14/06). Satgas Pangan yang terdiri dari kepolisian, serta unsur pemerintahan lainnya, terlihat mendatangi toko bahan pokok. Petugas mengecek harga daging sapi. Hasilnya, tak ada kenaikan dan harga masih normal seperti biasanya.

AKP Wahyu Norman Hidayat, SH, SIK, selaku ketua Satgas Pangan Polres Jombang, mengatakan, “Setelah kita melakukan pengecekan terhadap sejumlah pedagang dan toko penyimpanan bahan pokok di lokasi yang sama. Namun, petugas kembali tak menemukan keanehan pada harga. . Alhamdulillah sampai saat ini belum ada kenaikan,” ungkapnya.
Masih menurut Norman, dari hasil pengecekan kepada sejumlah lapak maupun toko sembako yang berada diseputaran PCN. Kenaikan hanya terjadi pada komoditi Kentang, Telor Ayam, dan Tomat. Itupun, hanya di kisaran Rp. 2.000., / kg. Sementara bagi Daging Sapi, Ayam, Beras, Ketan, Gula, dan sejumlah sayuran lain, stabil seperti hari pertama Bulan Ramadhan.

“Jika masyarakat menemukan oknum yang sengaja bermain dengan menaikkan harga. Silahkan melapor ke tim Satgas Pangan Polres Jombang. Pasti akan kita lakukan penyelidikan, dan kita tindak,” ujar Norman.
Meski begitu, dirinya menemukan kenaikan harga terhadap bahan pokok berupa sayur-mayur. Namun, menurutnya kenaikan harga bukan dipicu permainan pedagang, namun karena kelangkaan barang tersebut. “Yang naik ada tiga jenis sayur-mayur, seperti kentang yang awalnya Rp 13 ribu kini menjadi Rp 15 ribu,” katanya.

Tak jauh berbeda dengan telor yang harga sebelumnya Rp 16 ribu, kini menjadi Rp 18 ribu. Untuk tomat juga mengalami kenaikan sebesar Rp 2 ribu. “Namun, kenaikan harga ini masih normal, sebab kendalanya karena kekurangan stok saja,” pungkasnya.(kar/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here