Tribratanewsjombang,com, Laskar Anti Narkoba (LAN) Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Jombang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Polres Jombang, dalam upaya membantu memberantas peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Jombang.

LAN Muslimat yang beranggotakan 1.750 ibu-ibu yang tersebar di seluruh desa yang ada di Kabupaten Jombang akan berperan melakukan sosialisasi dan pencegahan, sedangkan untuk penindakan dilakukan oleh pihak Polres Jombang dan Polsek jajaran.

“Perang terhadap narkoba tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian, masyarakat harus berperan aktif dengan memberikan informasi untuk mengungkap peredaran Narkoba. Narkoba dapat mengubah karakter dan pola pikir penggunanya sehingga banyak kekerasan dan kriminalitas terjadi di sekitar kita,” kata Ketua Laskar Anti Narkoba Muslimat Jombang, Ema Ummiyatul Chusna, Senin (30/01/2017).

Sementara itu, Kapolres Jombang yang diwakili Wakapolres Kompol Hendriyana menyampaikan apresiasi terhadap gerakan LAN Muslimat yang peduli terhadap bahaya narkoba. “Kami sangat berterima kasih dan memgapresiasi peran Muslimat NU Jombang, banyak peduli dan mampu memberikan pendidikan dan mengajak masyarakat yg ada dilingkungan tempat tinggalnya untuk bersama-sama menjauhi dan memerangi Narkoba,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kasat Reskoba Polres Jombang AKP Hasran mengungkapkan, jika kasus penyalahgunaan narkoba terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Pelaku penyalahgunaan narkoba ini bermacam-macam karakter mulai dari pelajar, wiraswasta hingga pegawai pemerintah.

Sesuai data, perkara yang ditangani oleh Polres Jombang tahun 2015 sebanyak 22 kasus narkotika, 45 kasus obat keras, dan 275 untuk jenis minuman keras. Pada tahun 2016 sebanyak 44 kasus jenis narkotika dan psikotropika yakni 39 kasus Sabu, 1 Ekstasi, dan 3 ganja, obat keras atau pil koplo 74 kasus, dan 358 kasus miras.

Sementara itu Ketua Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Jombang Mundjidah Wahab menuturkan, Laskar Anti Narkoba ini dibentuk untuk mengemban tugas-tugas sosial dan mengabdi pada masyarakat guna mewujudkan Jombang bebas dari Narkoba. (kar/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here